21 Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisa Menambah Penghasilan Keluarga

BPUM dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM ini diberikan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro terdampak pandemi Covid-19. Usaha sampingan yang dapat emak-emak lakukan dari rumah adalah dengan membuka usaha katering. Secara sederhana, katering adalah usaha yang menyediakan makanan sesuai dengan apa yang orang orang pesan. Berbeda dengan rumah makan, katering tidak menyediakan tempat agar konsumen dapat memakan makanannya secara langsung. Pandemi virus corona membuat kondisi perekonomian mengalami gejolak besar. Perubahan tren dan kebutuhan prioritas konsumen pun mempengaruhi pilihan ide bisnis yang potensial.

Ragam makanan yang bisa Anda jual pun sangat banyak, mulai dari makanan frozen, kalengan, minuman kesehatan, makanan ringan, dan sebagainya. Untuk pengantaran, Anda masih bisa mengandalkan ojek online atau jasa pengiriman lainnya. Anda pun bisa berkreasi menjual beragam barang yang sesuai dengan kesukaan dan kemampuan Anda. Jika menjual produk sendiri dirasa berat, maka Anda bisa menjalankan skema drop shipper dan reseller. Anda juga bisa mempelajari cara sukses berjualan on-line shop di Instagram melalui kursus di Skill Academy. Pembelajaran dengan sistem tatap muka dilakukan jika empat persyaratan bisa dipenuhi.

Lebih dari itu, Anda bisa melatih diri untuk tetap bertahan di segala kondisi. Fahmy mengingatkan, walau muncul beragam jenis bisnis baru, kapasitas bisnis tersebut relatif kecil, sehingga, tidak akan membuka lapangan pekerjaan secara signifikan. Bahkan, sebagian orang juga memilih untuk memulai bisnis dari rumah demi menambah pemasukan di tengah situasi pandemi Covid-19. Menjadi pekerja lepas atau freelancer menjadi pilihan yang sangat pas untuk dilakukan sebagai pekerjaan sampingan Anda di masa-masa krisis akibat pandemi seperti ini. Dengan bekerja freelance, Anda bisa lebih fleksibel dalam bekerja serta menentukan bayaran atau pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan. Saat Anda memutuskan untuk membangun karier sebagai freelancer, penting bagi Anda untuk mulai mengembangkan kemampuan sehingga tetap kompetitif.

Contohnya untuk melakukan foto prewedding, pernikahan, ataupun untuk menghadiri acara penting. Jika Anda tertarik dengan tata rias wajah dan rambut, tidak ada salahnya untuk mempelajari makeup lebih dalam. Kepuasan pelanggan akan terlihat ketika nama Anda dipromosikan dari mulut ke mulut. Metode menggunakan transaksi pembayaran non tunai ataucashless semakin banyak digunakan mengingat himbauan untuk tidak bersentuhan langsung. Hal ini sejalan dengan prediksi Bank Indonesia seperti dikutip dari Kata Data, transaksi menggunakan uang elektronik akan mencapai US$25 miliar pada 2023.

Binsis yang bisa dibuka ketika masa pandemi

Bila terbukti ada anak positif maka sekolah harus menghentikan proses belajar tatap muka serta melakuka tracing. Maka Ikatan Dokter Anak Indonesia pun menyarankan beberapa pertimbangan ketika melakukan sekolah tatap muka. Chef yang cukup populer di media sosial ini membuat usaha kuliner bernama Nasgor Tiarbah.

Aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring dinilai memainkan peranan penting dalam kondisi pandemi maupun setelahnya. Manfaatkan teknologi dan web untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijalankan secara online. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan baik untuk berjualan on-line atau melakukan promosi secara online agar bisnis tetap bertahan. Sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan. Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup.

Atau sebagai langkah awal Anda dapat juga memulainya dengan menjadi reseller produk yang sudah ada sebelumnya. Alat video convention yang dapat menampung banyak orang dalam satu sesi pertemuan seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Team dan sebagainya semakin sering digunakan dalam pekerjaan atau pendidikan. Jika Anda tertarik dengan topik tertentu atau memiliki minat tinggi dalam membuat seminar.