Jenis

Sebagian besar orang masih menganggap menabung dan investasi adalah hal yang sama karena sama-sama menyisihkan uang. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang yang dimiliki saat ini agar dapat digunakan kembali di kemudian hari, namun jumlah uang yang diterima di masa depan sama dengan jumlah uang yang ditabung sekarang. Berbeda dengan menabung, investasi merupakan kegiatan menanam uang yang dimiliki saat ini dengan tujuan akan bertambah nilainya di masa depan. Besaran kupon bunga dan imbal hasil SBN selalu berada di atas deposito dan disesuaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku. Kamu pun seperti memiliki passive income, karena kupon akan dibayarkan setiap bulan langsung ke rekening.

Oleh karena itu, manfaat-manfaat di atas bisa kamu nikmati sekaligus hanya dengan terus menerapkan menabung dalam keseharianmu. “Kalau dia belum mempersiapkan pensiun sejak usia 25, itu kehidupannya belum perfect sebenarnya,” katanya. Beban ganda tersebut membuat mereka berada di posisi terjepit untuk bisa memiliki kemerdekaan finansial. Jika dianalogikan, posisinya seperti daging dan isi roti yang ditekan dari atas dan bawah. Langkah kedua, membiasakan anak-anak untuk mampu menyimpan dan “mengembangbiakkan“ uangnya. Pelajaran ini berguna bagi anak agar kelak dapat sejahtera secara finansial.

Aset yang dimaksud tidak terbatas pada properti atau rumah yang dimiliki, tapi juga Dana Investasi. Seiring perkembangan waktu, dana yang diinvestasikan pada aset-aset ini akan mengalami peningkatan nilai di masa mendatang sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan tiga jenis investasi sebelumnya, risiko investasi saham terbilang yang paling tinggi. Butuh pemahaman dan analisa yang cukup mendalam sebelum memutuskan untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Ya, kita wajib untuk menabung salah satunya agar kita dapat hidup sederhana dan tidak boros menggunakan uang kita. Karena dengan menabung, secara tidak sengaja kamu akan terlatih untuk memilih apa yang sangat diperlukan dan apa yang tidak seharusnya dibeli, maka kamu akan lebih bijak dalam membelanjakan uang. Ya, jadi uang memang memegang peranan yang tremendous penting dalam hidup kita saat ini. Untuk itu, kamu harus bisa menyiasati sebaik mungkin dalam hal mengelola keuangan mulai saat ini. Agar uangmu tidak mudah habis, kamu perlu menyisihkannya sebagiannya supaya bisa dipakai di kemudian hari. Dan menurut saya, menabung dan berinvestasi yang dilakukan oleh orang Singapura patut ditiru dan dicontoh.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Jika memiliki uang di tabungan dalam jumlah yang cukup banyak, paling tidak simpan uang dalam bentuk deposit agar tidak mudah diambil dan menghasilkan keuntungan yang kelak bisa dimanfaatkan untuk masa depan. Kalau kamu ingin menambah uang tabungan, maka kamu bisa mulai untuk mencoba menginvestasikan uangmu ke instrumen investasi. Tentunya karena kamu baru memulai, pilihlah instrumen yang nggak membutuhkan modal besar.