Karakteristik Seorang Pemimpin

Jika kita membicarkan seseorang di belakangnya, kemungkinan besar kita juga akan membicarakan orang yang kita ajak bicara tadi di belakangnya. Maka, revolusi complete perempuan calon pemimpin menjadi sangat penting. Kecerdasan majemuk verbal-linguistik melibatkan kemampuan berbahasa melalui membaca, menulis,berbicara, memahami urutan dan makna dari kata-kata, serta menggunakan bahasa dengan benar. Anak yang memiliki kecerdasan ini kuat dalam bidang bahasa, mudah mengingat informasi verbal dan tertulis, suka menulis dan membaca, jago debat dan pidato, suka melontarkan humor, dan bisa menjelaskan sesuatu dengan baik.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Berhentilah mengeluh dan mulailah menyibukkan diri dengan melihat aneka kebaikan orang lain dan belajarlah mengakui dengan jujur segala kelebihan yang dimiliki. Sibukkan diri dengan mencari kelebihan yang kita punyai sehingga waktu yang tersedia pun bermanfaat dengan sebaik-baiknya. Menjadi manusia mandiri adalah manusia yang akan memiliki harga diri. Kita diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk mengubah nasib kita sendiri, berarti kemampuan kita mandiri untuk mengarungi hidup ini merupakan kunci yang diberikanNya untuk sukses didunia dan akhirat kelak.

Agar tak selalu membandingkan diri, latihlah potensi tersebut agar menjadi istimewa dan menjadi unik sesuai diri Anda. Langkah menuju tujuan pun lebih menantang dan lambat laun akan membangun diri lebih kuat. Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa semuanya sudah beres begitu mereka mendapatkan pekerjaan. Hanya karena telah mendapatkan pekerjaan, tidak berarti Anda telah mencapai tujuan dan harus berhenti belajar.

Teori ini juga disebut sebagai teori Jouhari Window atau “Jendela Johari”. Dinamakan Johari karena diambil dari nama depan orang yang pertama kali memperkenalkan yaitu Josep Luft dan Harrington Ingham. Walaupun sebetulnya ini adalah teori tentang komunikasi tapi bisa juga kita terapkan dalam aspek management. Karena untuk menjadi seorang pemimpin juga perlu mengetahui siapa kita dan bagaimana orang orang yang ada disekitar kita . Dengan memahami masing-masing jenis kepemimpinan ini, dan hasil yang dirancang untuk dicapai, Anda dapat memilih gaya kepemimpinan yang tepat untuk situasi Anda saat ini.

Bersikap terbuka dan mau menerima masukan semakin menunjukkan bahwa di masa sulit kita masih mampu memimpin dan melangkah maju. Integritas merupakan benchmark, rujukan atau tujuan yang digunakan dalam membuat keputusan yang berdasarkan pada kebenaran dan kejujuran. Integritas merupakan sebuah keterampilan yang harus dilatih terus-menerus. Integritas adalah pondasi dari kehidupan, jika integritas baik, maka kehidupan baik, begitupun sebaliknya. Integritas adalah kemampuan untuk bersabar ketika hidup ini tidak berjalan mulus. Kalau belajar sendiri dirasa susah, kamu bisa coba ikut pelatihan on-line dari Skill Academy.

Selain intrapersonal, kecerdasan interpersonalatau keterampilan sosial juga diperlukan. Kecakapan ini merupakan kemampuan untuk bermasyarakat serta memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Anak dengan tipe kecerdasan majemuk ini mengandalkan imajinasi dan senang dengan bentuk, gambar, pola, desain, serta tekstur.

Banyak cara mberkomunikasi yang dipilih untuk dilakukan masin-masing orang. Selain itu, komunikasi asertif digunakan sebagai suggestions yang efektif. Tujuan cara berkomunikasi asertif adalah menerima hubungan tanpa melakukan penolakan terhadap diri sendiri maupunterhadap orang lain.

Untuk membangun koneksi dengan masing-masing anggota tim, fokuslah untuk mengenal kepribadian, minat, kekuatan, kelemahan, hobi, dan preferensi mereka. Para pemimpin yang baik dan sukses, memungkinkan untuk memberikan otonomi bagi tim dalam mengembangkan diri dan menambah nilai sesuai dengan kekuatan pribadi mereka. Mampu mengenali kekuatan individu dalam tim mereka, dan mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri karyawan pada diri mereka sendiri dan di depan pemimpinnya.