Kisah Usuluddin Buka Bisnis Kopi Modal Nekat, Kini Beromset Rp 200 Juta

Pastikan perabotan dan warna dinding terlihat serasi sehingga menciptakan atmosphere yang nyaman. Lalu, Anda bisa memotret berbagai sisi inside coffee shop dan mengunggahnya ke akun Instagram. Dibarengi dengan minat generasi millennial yang menganggap minum kopi sebagai sebuah culture kekinian, bisnis coffee store memang terdengar sangat menggiurkan. Buktinya, kamu bisa loh buka bisnis espresso store modal di bawah Rp20 juta! Yuk, langsung saja simak apa saja yang didapatkan dari modal Rp20 juta, untuk mendirikan bisnis kafe. Sebut saja Raffi Ahmad, yang membuka gerai kopi minimalis di Lippo Mall Puri Jakarta.

Tidak hanya belajar mengenai ideas dan trik menjalankan bisnis coffee store dan meracik kopi, peserta yang hadir juga belajar tentang teknologi yang dapat memberikan kemudahan dalam berbisnis. Ralali.com sebagai marketplace penyedia kebutuhan bisnis hadir untuk membantu para penggiat kedai kopi dalam mencari alat dan bahan yang sesuai, mulai dari biji kopi, mesin espresso, hingga gelas kopi. Proyek ini dilakukan untuk menguji kelayakan rencana bisnis kedai kopi yang direncanakan akan dibangun di Jakarta, Indonesia. Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia sejak lama. Hubungan antara kopi dan gaya hidup di Indonesia adalah alasan utama yang mendukung proyek ini. Rencana bisnis ini dilakukan dengan memetakan model bisnis kedai kopi.

Sebelum sukses seperti sekarang, ia pernah menjadi penjual rokok asongan disekiran kota Banda Aceh. Di tahun 2002 ia berangkat dari kampung halamannya Tapak Tuan untuk kuliah di Banda Aceh. Ia kuliah IAIN Ar-Raniry (sekarang Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Ia mengambil Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Yuk bergabung dengan Bisnismuda.id untuk sharing dan belajar investasi, pengelolaan keuangan, dan wirausaha.

Ini sebenarnya anggapan yang menarik dan bisa tepat, jika sebelumnya sudah melakukan riset serta perencanaan yang matang. Konsumen mencari untuk membuat pilihan yang terbaik berdasarkan informasi yang mereka cari. Jadikan mereka sebagai pihak yangmerasa beruntung dengan membeli kopi berkualitas baik, dari produsen tebaik, barista terbaik, dan di kota terbaik. Kami akan berikan beberapa tips praktis untuk membuat espresso store Anda menjadi lebih menarik di mata pelanggan. Baca terus untuk mengetahui cara mengubah kedai kopi Anda menjadi destinasi wajib dikunjungi di kota Semarang. Namun sama seperti bisnis lainnya, membangun bisnis espresso shop juga membutuhkan perencanaan yang baik agar semua berjalan dengan efisien.

Hal tersebut lah yang menjadikan dasar dari CEO Koppi Tony Arifin untuk membuat bisnis kopi yang berbasis aplikasi. Hasil survei tersebut antara lain menunjukkan bahwa kedai Coffee to Go yang menyediakan RTD Coffee berkualitas dengan harga terjangkau sangat diminati generasi yang mendominasi populasi Indonesia saat ini. Dalam setahun terakhir, 40 persen generasi ini membeli minuman kopinya dari gerai kopi jenis ini. Anda bukan hanya membutuhkan modal saja, namun banyak sekali aspek lain yang juga harus Anda perhatikan. Di sisi lain, bisnis kopi kekinian berdampak pada berkurangnya konsentrasi bagi petani di kebun untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.

Workshop bertajuk “Coffee Journey” ini diisi dengan materi kolaborasi dari Reyner Oswald (Co-Owner Spotten), Sylvia Feransia , dan Juan Kartawidjaja (Head of Marketplace Ralali.com). Keunggulan bersaing menjadi faktor penting untuk survive dan revenue di ketatnya persaingan. Persaingan mendorong semua lini di Coffee-Shop berada dalam performa terbaik. Fenomena yang terjadi dalam bisnis Coffee-Shop di Sleman bahwa pimpinan belum mampu mengolah karyawan sehingga perusahaan sulit berkembang dan bersaing.

Bisnis Coffee Shop

Di tengah menjamurnya usaha espresso shop, penting buat kamu untuk memikirkan konsep secara matang agar coffee store milikmu bisa stand out diantara yang lain dan menarik buat pelanggan. Menentukan konsep sebaiknya disesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Kamu bisa mulai dengan konsep yang sederhana tetapi nyaman untuk bersantai, karena biasanya orang pergi ke coffee Deposit Pulsa Tanpa Potongan shop untuk bersantai sejenak di tengah padatnya aktivitas.

Tahukah kamu jika para generasi muda milenial ini cukup selektif membeli suatu produk. Meskipun mudah tergoda akan adanya pattern namun mereka merupakan genaerasi yang juga mempertimbangkan berdasar presepsi model. Sebelum mereka membeli suatu produk mereka akan mencari tahu testimoni, review teman mereka atau orang yang sudah pernah membeli produk tersebut. Untuk memperoleh koneksi yang luas, Anda bisa memulai dari kerabat atau rekan Anda. Namun, jika ingin memiliki koneksi yang lebih “terkonsep” Anda bisa bergabung dengan asosiasi bisnis lokal atau komunitas yang sering memanfaatkan espresso shop.

Menggabungkan antara panas dari energi listrik itulah yang masuk dalam seni dan energi penyediaan kopi, termasuk berbagai mesin penyeduhnya. Secara whole energi yang dipergunakan untuk menghasilkan a hundred mililiter kopi setara dengan 1,94 megajoules, atau setengah KwH. Kopi yang Coffindo Lovers tawarkan bisa berupa kopi tubruk atau minuman kopi panas lainnya. Tentu saja menggunakan gerobak tidak membuat anda mengeluarkan uang banyak. Buatlah desain gerobak semenarik mungkin sehingga orang akan tertarik menghampirinya. Orang-orang Inggris pada masa itu menyebut kedai kopi mereka dengan sebutan “penny universities” karena harga kopinya dan para bisnisman kelas atas sering nongkrong di sana.

Terlalu banyak mengunggah konten, terlebih yang terlalu menjual, justru dapat “mematikan” media sosial dan membuat audiens cenderung tidak peduli. Selain itu, kamu bisa mendedikasikan sekitar satu jam per hari di media sosial untuk menjaga komunikasi dengan audiens, sehingga mampu membangun relasi baik dengan pelanggan setia atau membangun komunitas. Terakhir, pastikan akun media sosial ini mencakup informasi kontak usaha seperti alamat internet, alamat e-mail, serta nomor telepon. Menghindari persaingan bisnis kopi, kamu harus membuat konsep yang kuat. Konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis. Konsep yang digunakan dalam membuka espresso store akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.