Manfaat Investasi Bagi Masa Depan Yang Sering Disepelekan

Konsumsi memiliki tujuan utama yang ingin diperoleh manusia, yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup serta kepuasan. Banyak dari kamu yang merupakan generasi milenial kurang peduli dan paham akan kebebasan finansial di masa tua. Inginnya, selagi muda, bisa menghasilkan banyak pendapatan, namun juga menghabiskan banyak dari pendapatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bersenang-senang. Dukungan dilakukan dengan menyediakan instrumen investasi yang selaras dengan program tadi. Sosialisasi juga terus berlangsung di lingkup keluarga besar Sinar Mas.

Namun sebenarnya, ada tempat lain untuk menabung dan berinvestasi yang keuntungannya bisa dikatakan hampir sama bahkan lebih dari financial institution, dan tempat tersebut adalah Koperasi. Dari pengertiannya, menabung adalah kegiatan memisahkan sejumlah uang untuk disimpan dan digunakan sewaktu-waktu kalau diperlukan. Sedangkan investasi adalah proses penanaman uang atau modal dalam suatu proyek untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. Perbedaan paling menonjol yaitu tabungan biasanya berupa uang yang disimpan dalam simpanan sendiri atau bank sebagai tabungan, sedangkan investasi terbagi menjadi berbagai jenis produk. Selain reksadana, ada juga deposito berjangka, yakni salah satu jenis investasi aman dengan bunga yang cukup kompetitif.

Padahal bagi orang yang tau perlunya investasi, mereka akan berinvestasi untuk mendapatkan uang yang jauh lebih banyak dari jumlah uang yang ditabungkan. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, karena itu bagi orang yang tau perlunya investasi mereka menginvestasikan uang mereka guna memperoleh kehidupan yang sejahtera dimasa depan. Ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan sebagai persiapan keuangan di masa depan nantinya, salah satunya ialah tabungan dan deposito.

Aktivitas Sinar Mas di pasar modal selama ini terwakili oleh 15 perusahaan terbuka dari berbagai pilar bisnisnya yang terdaftar di BEI. Meraih manfaat yang tersedia, mendorong masyarakat untuk memahami dan ikut bergabung, sekaligus mendukung langkah pemerintah. Ketiga hal tadi menurut Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto adalah pertimbangan pihaknya mendukung penuh program ’Yuk Nabung Saham’ yang diinisiasi oleh PT Bursa Efek Indonesia Tbk. Karena Pegadaian kini memiliki aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mendaftar secara on-line.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Jika Anda berinvestasi maka Anda akan merasa terjamin karena aset investasi Anda akan menghasilkan keuntungan. Hal tersebut dikarenakan aset investasi Anda dapat menghasilkan uang sendiri sehingga keuntungannya akan terkumpul dan dapat Anda nikmati. Semakin cepat Anda mulai menabung dan berinvestasi, maka akan semakin banyak uang yang terkumpul untuk mempersiapkan biaya perawatan kesehatan yang tinggi. Jangan hanya menyimpan uang di dalam rekening tabungan saja atau berinvestasi di emas batangan yang terbukti aman. Padahal di usia yang muda seharusnya Anda memanfaatkan waktu untuk berinvestasi lebih agresif agar bisa mendapatkam imbal hasil yang optimum di masa depan. Bahkan mereka yang telah mempersiapkan dana juga tidak memiliki tabungan yang cukup untuk memasuki masa pensiun.

Usahakan untuk seminimal mungkin mengeluarkan uang untuk segala macam hal. Kemudian, atur keuangan bulanan kamu dan kontrol pengeluaran yang tidak perlu. Pada dasarnya, investasi dilakukan untuk melindungi aset yang kita miliki ataupun mendapatkan imbal hasil yang lebih besar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan investasi sedini mungkin. Namun dalam melakukan investasi, investor juga harus mengetahui tujuan melakukan investasi dan resiko yang dimiliki. Untuk itu, jadilah investor yang bijak dalam melakukan investasi agar kelak bisa mendapatkan manfaat dari investasi yang telah dilakukan.

Reksa dana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan, dikelola secara profesional dan berbiaya relatif rendah serta tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ,” tuturnya. Jika sudah terbiasa menabung dan melakukan investasi yang tepat, di usia produktif ini kita tidak akan khawatir lagi masalah keuangan dan bisa mengurangi ketergantungan sokongan dana dari orang tua. Untuk itu, kita bisa mulai berinvestasi seperti membeli barang yang nilainya trus bertambah, ikut bursa saham atau reksa dana, bergabung dengan memberikan modal usaha, atau bentuk investasi lainnya. Jenis investasi ini adalah jenis investasi yang cukup diminati masyarakat di Indonesia.

Bahkan dengan investasi, kamu akan menerima pendapatan pasif secara berkala tanpa harus bekerja lagi. Bagi setiap orang yang melakukan investasi, sudah dapat dipastikan bahwa ini akan meningkatkan nilai aset dan juga nilai kekayaan kamu. Yang dimaksud dengan aset di sini tidak selalu dalam bentuk properti, karena uang yang kamu simpan sebagai dana investasi juga terhitung sebagai aset.