Mengapa Seorang Pemimpin Harus Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Yang Dimiliki Pada Diri Sendiri

Kemampuan itu akan mempermudah keterlibatan masyarakat untuk hadir, terlibat aktif, menjadi bagian penting dari pengambilan keputusan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan. Kepala desa harus bisa mewadahi semua komponen, dan bahkan menjadi saluran di mana kesemuanya dapat melibatkan dan mempercayakan kepada pihak lain. Jika berandai-andai ada 30% dari semua kepala desa sekaliber Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur di republik ini maka sangat diyakini jika Indonesia akan benar-benar menjadi negara besar dan sejahtera karena gemah ripah loh jinawi. Untuk itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang kepala desa yang memiliki figur kepemimpinan mewujudkan desa sejahtera dan mandiri. Memang lebih mudah untuk mengkritik rencana atau ide orang lain dan menunjukkan resiko kegagalan mereka. Tapi, dibandingkan menilai tindakan atau keputusan orang lain, coba tawarkan keahlian kita dan apa yang bisa kita bantu.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas maka, tugas itu dapat berupa tes atau ulangan dan juga dapat berupa latihan-latihan soal atau pekerjaan rumah. Peserta kursus disadarkan tentang peranan, tugas, serta tanggungjawabnya sebagai pribadi yang harus menjalani kehidupannya. Sangsi hukuman berperan penting dalam memelihara kedisiplinan peserta kursus.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Sebelumnya, selama masa jabatannya yang kedua, Arief Patanga gencar sekali menggeser pejabat-pejabat yang beragama Kristen dari administrasi pemerintahannya, untuk digantikan oleh pejabat-pejabat yang se daerah asal dan se iman. Sementara loyalitas mereka kepada dirinya diperkuat lewat posisi dirinya sebagai Bupati merangkap sebagai Ketua ICMI Kabupaten Poso. Kebijakan itu tidak melawan kehendak pemerintah Pusat, sebab trend itu sudah dirintis oleh Soeharto sendiri dan dilanjutkan oleh penggantinya, B.J. Tapi dengan demikian, semakin sempurnalah marjinalisasi dan alienasi birokrat-birokrat yang beragama Kristen – dan secara etnis mewakili mayoritas penduduk asli Kabupaten Poso – di luar daerah Tojo dan Bungku dalam tampuk pemerintahan kabupaten itu. Sementara itu, Ambo Dae semakin sakit hati dan kembali menyusun kekuatan di Kolonedale.

Di Indonesia, dalam satu dasawarsa terakhir ini, semakin banyak konsultan coaching kepemimpinan yang merambah ke dunia birokrasi. Seorang pemimpin hendaknya mampu melihat sesuatu sesuai dengan tempatnya. Contoh kecilnya, seseorang tidak boleh mencampurkan antara masalah inside dengan masalah eksternal yang dialami dirinya dengan orang lain. hal ini merupakan pandangan bagi pemimpin untuk menempatkan permasalah sesuai dengan konterksnya, yang artinya pemimpin harus berpikir secara adil. Kualitas kematangan mental seseorang dibangun dari pondasi yang kuat. Gigih berarti bersikap berskukuh dalam memperjuangkan atau mempertahankan suatu hal yang menurutnya benar.

Kepala desa juga harus mulai paham bahwa arsitektur pembangunan desa tidak lagi identik dengan pembangunan fisik, melainkan juga masalah pemberdayaan. Selama ini pemberdayaan sering dianggap sebagai agenda nomor dua setelah fisik. Sehingga, seringkali pembangunan fisik yang sudah dilakukan selama ini tidak menjawab kebutuhan warga untuk meningkatkan kesejahteraannya. Untuk itu, sebagai kepala desa, ia harus mampu mendesain desa yang semula hanya ber-paradigma pembangunan sarana fisik adalah yang utama, kini harus diubah. Hal itu karena kini desa harus memposisikan dirinya sebagai mesin ekonomi yang efektif bagi warga. Dari penjelasan Udi Hartoko, konsep Desa Wisata di Desa Pujon Kidul tidak mengubah tatanan dan sistem perekonomian di desa.

Semua hal yang terjadi di dunia ini, semua dimulai dari diri sendiri. Kita tidak mungkin bisa memimpin orang lain kalau diri sendiri saja tidak bisa dipimpin. Jadi, hal pertama yang harus kita bangun adalah jiwa kepemimpinan dalam diri sendiri. Jangan meremehkan keterampilan non-teknis yang kamu peroleh dari kehidupan sehari-hari dan pekerjaan kamu, tidak peduli seberapa umum keterampilan tersebut kelihatannya. Mampu mengenali keterampilan tersebut dan nilai yang mereka tambahkan untuk produktivitas dan kinerja kerja akan memberi kamu keyakinan dan jaminan tambahan dalam kemampuanmu. Seorang pemimpin yang efektif memiliki bakat alami untuk mengilhami orang-orang di sekitarnya untuk percaya pada visi bersama, dan memotivasi mereka untuk bekerja sama menuju tujuan bersama.

Yang terpenting adalah untuk belajar mengatasi kekurangan agar dapat memimpin lebih baik. Dengan memelajari keempat karakter ini, kita bisa memahami bagaimana cara meningkatkan salah satunya tanpa perlu mengubah karakter diri. Saat ini, mempunyai karakter memimpin merupakan hal yang krusial untuk dimiliki.

Pula, dibutuhkan karakter ulet dalam memecahkan setiap permasalahan, apapun itu. Karena berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain, interpersonal ability dikenal juga sebagai social skill atau folks talent. Ingin mengambil hati atau meninggalkan kesan yang baik untuk orang lain, Sobat? Beberapa contoh interpersonal skill di bawah ini bisa menjadi gambaran. Dari berbagai pengertian interpersonal talent menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi. Mengikutsertakan/Mendukung (Participating/Supporting) yaitu jika pemimpin memberikan fasilitas dan mendukung usaha bawahan kearah penyelesaian tugas dan membagi tanggung jawab untuk membuat keputusan dengan mereka.

Karena itu, sebagai seorang pemimpin, harus mampu dan berani mengambil risiko—namun selalu dengan perhitungan matang—dan bisa menjadi teladan yang baik bagi orang yang dipimpinnya. Pemimpin harus mampu “memimpin diri sendiri” dulu, sehingga memunculkan teladan bagi orang lain. Apa yang dimulai, apa yang dilakukan, apa yang diputuskan, semua menjadi hal yang penting untuk meraih sukses bagi usaha yang dijalankan. Selain bisa belajar budaya dari pemimpin yang berasal dari negara lain, kesempatan untuk belajar bahasa asing juga bisa lebih cepat khususnya bahasa Inggris. Kebiasaan berdiskusi dengan menggunakan bahasa Inggris akan menjadi lebih mudah jika dipraktikan langsung dengan native. Sama seperti program WSE GO yang akan merupakan program on-line untuk belajar bahasa Inggris.

Pemimpin dapat bersifat laksana Api , yang bersifat tegak dan tidak pandang bulu. Kata-kata dapat dipegang, konsekuen dan penuh tanggung jawab atas semua perbuatannya. Ia bersifat adil, tidak pilih kasih, siapa yang salah dihukum dan siapa yang berhasil diberi penghargaan. Dari dua definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya konflik itu adalah adanya dua kelompok yang saling bertentangan baik secara terbuka maupun latent . Konflik itu kadang-kadang merupakan suatu yang sangat perlu dalam suatu organisasi, tapi konflik yang bagaimana?