Merefleksi Gaya Kepemimpinan Diri Sendiri

Latihan untuk memahami kekurangan dan kelebihan melibatkan refleksi yang menuntut pandangan orang-orang sekitar Anda. Minta umpan balik yang sangat spesifik dan menerima masukan dari rekan maupun atasan di kantor. Pengumpulan umpan balik ini perlu menjadi proses yang berkelanjutan. Karena kemajuan karier akan menghadapi tantangan dan tuntutan baru. Berusahalah menunjukkan gairah atau antusiasme dalam berbagai aktifitas di organisasi.

Kalau sibuk, biasanya seseorang akan menganggap bahwa semua pekerjaan punya prioritas yang sama. Akhirnya bingung mana yang harus dikerjakan duluan dan berakhir dengan mengerjakan beberapa hal secara bersamaan . Mengerjakan banyak hal bersamaan akan membuat kamu tidak fokus dan hasil yang kurang maksimal. Misalnya, kamu diundang untuk jadi pembicara di acara orientasi mahasiswa baru dengan topik “Tips mudah beradaptasi sebagai mahasiswa baru”.

Mereka harus bisa melihat potensi masalah di masa depan, jauh sebelum masalah tersebut benar-benar terjadi. Tidak hanya itu, pemimpin juga harus bisa mengembangkan solusi untuk mencegah datangnya masalah tersebut. Pemimpin yang inspiratif adalah mereka yang pernah gagal, mengakui kegagalan tersebut, dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Belakangan ini, mungkin karena sudah merasa disoroti oleh masyarakat Poso di Yogya, Patanga mulai mengalihkan aset-asetnya ke luar Yogya. Bersama bekas Gubernur Sulteng, Banjela Paliuju, Patanga menanam modal dalam sebuah industri mebel kayu jati di Jepara. Dewi menjual butiknya di Yogya, dan bersama suaminya pindah `ke Palu, di mana suaminya membuka bisnis ponsel di rumah milik keluarga Patanga di Talise. Proses marjinalisasi kelas bawah itu, dibarengi dengan proses radikalisasi komunitas Muslim di kota Poso. Migrasi orang Gorontalo dari Utara dan orang-orang Bugis, Makassar, Luwu dan Mandar dari Selatan semakin memperkuat posisi Muhammadiyah di kota Poso.

Semangat kita dalam belajar menjadi pemimpin akan membuat rekan kerja bersemangat belajar pula. Untuk meniti karir dibutuhkan kerja keras dan peningkatan keterampilan. Kepemimpinan merupakan salah satu kemampuan yang bisa kita asah agar bisa sukses dalam pekerjaan.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

PLN siap memimpin transisi energi melalui pengembangan Energi Baru Terbarukan dalam sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Menteri ESDM menjelaskan, nantinya generasi muda tersebut akan dilatih dan dididik untuk memiliki four kompetensi dasar, yaitu kompetensi keteknisan, perjuangan, kerakyatan dan keikhlasan. Sehingga diharapkan mampu mengatasi segala hambatan dan tantangan pada saat diterjunkan ke lapangan. Selanjutnya, beberapa orang diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya terkait ceramah yang dibawakan Yamin. Ceramah ketiga dibawakan oleh Djaksodipoera dengan judul “Rapak Lumuh”. Ia membahas posisi lemah wanita dalam ikatan perkawinan terkait perceraian yang sewaktu-waktu dapat diceraikan oleh suaminya.