Pakar Hukum

Keseluruhan upaya itu harus membangun kemampuan dan kesempatan masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan sehingga masyarakat bukan hanya sebagai objek tetapi juga subjek pembangunan. Upaya membangun kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan itu harus dicapai pula dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Rencana Kementerian BUMN mengintegrasikan ekosistem ultra mikro dan UMKM atau holding yang melibatkan tiga perusahaan pelat merah melalui pola inbreng saham dinilai bukan akuisisi, karena pemerintah tetap jadi pengendali. Langkah holding ini justru diapresiasi karena dapat memberikan kepastian hukum dan keadilan. RENCANA Kementerian BUMN mengintegrasikan ekosistem ultra mikro dan UMKM atau holding yang melibatkan tiga perusahaan pelat merah melalui pola inbreng saham dinilai bukan akuisisi, karena pemerintah tetap jadi pengendali. Adapun Guru Besar, FE UGM Prof. Dr. Mubyarto, menjelaskan ekonomi kerakyatan itu sebagai sebuah sistem ekonomi yang berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, dan menunjukkan pemihakan sungguh-sungguh pada ekonomi rakyat.

Seorang anak ingin diperlakukan sama dengan saudara-saudara lainnya oleh orang tuanya. Seperti dalam hal kesempatan pendidikan, berkomunikasi internal keluarga, kesamaan dalam memiliki aset dan lain sebagainya. Pada lingkungan yang lebih luas, rakyat menuntut hak atas pelayanan kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dari pemerintah, dsb. Fenomena lain yang sering muncul adalah bagaimana keadilan dapat diterapkan di tempat kerja. Tanggung jawab sosial perusahaan mempunyai kaitan yang erat dengan penegakan keadilan dalam masyarakat umumnya dan bisnis khususnya.

Negara hukum pada umumnya tidak berarti tujuan dan isi daripada negara, melainkan hanya cara-cara dan untuk mewujudkannya. Pengertian keadilan juga bertalian dengan produksi, distribusi dan perdagangan. Dengan gambaran yang telah diungkapkan, kembali perlu diingatkan disini bahwa persoalan keadilan, termasuk keadilan ekonomi dan keadilan sosial Indonesia, tidak dapat diukur dengan ukuran keadilan negara manapun.

Kepuasan kerja berada di bawah pengaruh dari serangkaian faktor seperti sifat pekerjaan, gaji, peluang pertumbuhan, manajemen, kelompok kerja dan kondisi kerja dll . Salah satu faktor tertentu yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan disebut keadilan organisasi, yang prihatin dengan perlakuan yang adil terhadap karyawan . Hal ini mengacu pada sejauh mana karyawan melihat hasil, prosedur dan interaksi untuk bersikap adil. Demikian luasnya cakupan layanan masyarakat tersebut, maka peran infrastruktur dalam mendukung dinamika suatu negara menjadi sangatlah pentingartinya.

Itu artinya, setiap warga negara wajib untuk mematuhi hukum dan aturan yang berlaku di Indonesia. Salah satu cara dalam menciptakan dan mempertahankan hubungan yang baik dan harmonis dengan para pencari keadilan adalah dengan melakukan konsep pelayanan prima berdasarkan A3 . Pelayanan prima berdasarkan konsep A3, artinya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dengan menggunakan pendekatan sikap , perhatian , dan tindakan . Dengan demikian, jelaslah yang dimaksud dengan negara berdasar atas hukum adalah negara kesejahteraan. Dengan kata lain, negara hukum akan menjamin kepastian hukum dan keadilan bagi masyarakatnya yang muara akhirnya melahirkan kesejahteraan hakiki bagi masyarakat. Lembaga peradilan yang merupakan representasi utama wajah penegakan hukum dituntut untuk mampu melahirkan tidak hanya kepastian hukum, melainkan pula keadilan dan kemanfaatan.

Dari berbagai ahli banyak yang berpendapat mengenai dampak-dampak yang ditimbulkan dari reklamasi pantai, baik itu positif maupun negatif. Thomas Aquinas, seorang filsuf hukum alam, membedakan keadilan dalam dua kelompok. Pertama, keadilan umum , yakni keadilan menurut kehendak undang-undang, yang harus ditunaikan demi kepentingan umum. Pemerintah hanya memandang perlu menyiapkan kerangka kebijakan perpajakan dalam jangka menengah untuk menjaga kesinambungan fiskal pasca pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Negara bertugas untuk menciptakan suasana atau keadaan yang memungkinkan rakyat dapat menikmati hak-haknya sebagai warga Negara dan mencapai kesejahteraan mereka semaksimal mungkin. Dengan kata lain, adil merupakan unsur konstitutif segala pengertian tentang hukum. Sifat adil dianggap sebagai bagian konstitutif hukum karena hukum dipandang sebagai bagian tugas etis manusia di dunia ini, artinya manusia wajib membentuk hidup bersama yang baik dengan mengaturnya secara adil. Dengan kata lain kesadaran manusia yang timbul dari hati nurani tentang tugas sesuai pengemban misi keadilan secara spontan adalah penyebab mengapa keadilan menjadi unsur konstitutif hukum.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Salah satu wujud dari interaksi antara individu yang satu dengan yang lainya adalah berbisnis. Keberhasilan itu, sambungnya, merupakan buah manis dari Jokowi yang selalu menekankan keadilan ekonomi pada tiap program kerjanya untuk mencapai tujuan utama dari pendiri bangsa, yakni menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Pemerintah Kanada menggunakannya untuk melindungi lingkungan hidupdi Kanada dengan tetap berupaya menumbuhkan ekonomi. Mereka percaya bahwa pembangunan yang dilakukan dengan perencanaan yang bijak akan berimbas pada keberhasilan proyek pemerintah dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi, mendukung masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja.

Buku ini menegaskan bahwa sistem ekonomi apa pun, tidak akan membawa kesejahteraan bersama, kalau dijalankan tanpa etika, khususnya tanpa keadilan. Kesadaran ekonomi yang terbangun dalam the Tyrani of OR, telah memisahkan ekonomi dari, bahkan mempertentangkannya dengan, etika. Padahal ekonomi seharusnya dipahami dalam konsep the Genius of AND , yang menyatakan keterpaduan ekonomi dalam etika.