Sadar Untuk Memimpin

Jadilah mereka berperilaku buruk, kerjanya berantem, ngomong kotor, bolos sekolah, dan lain-lain. Berhubung dengan itu, menjadi kewajiban bagi kita untuk memahami berbagai alternatif dengan segala konsekuensi bagi suatu pilihan tertentu.Keputusan dapat diambil pada berbagai tingkatan masyara­kat dengan melalui berbagai media dan instansi. Meskipun pemerin­tah pusat dengan hirarki vertikalnya banyak mempunyai pengaruh, nAmun tidak kecil peranan yang dapat dimainkan di tingkat daerah dengan segala kegiatan masyarakat setempat dan kepemimpinan yang terdapat di sana. Pemimpin bertanggung jawab dalam mengambil keputusan ber­sama dengan kelompok. Meskipun pemimpin bebas untuk meng­ajukan pertanyaan dan memberikan saran, ia hendaknya jangan membiasakan diri untuk mengambil keputusan bagi orang‑orang lain. Pemimpin harus memperhatikan kondisi kerja, rekan kerja, sumber daya, dan bagaimana menciptakan momentum di lingkungan yang baru.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Artinya setiap pemimpin harus selalu meng-update dirinya tentang segala kemajuan informasi dan teknologi seiring perkembangan zaman. Selain itu, para pemimpin juga harus terus belajar serta meningkatkan silaturahmi dengan para relasi. Dengan begitu, setiap anggota tim akan merasa diperhatikan serta bisa menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif. Namun, usaha untuk mengenali tim harus tetap dilakukan secara profesional.

Keempat, membangun tata kelola desa menjadi organisasi fashionable yang berbasis kultural desa. Hasil transformasi menuju desa mandiri dapat dilihat dari dimensi ketahanan ekonomi dengan indikator bidang kesehatan terjadinya peningkatan jumlah sarana prasarana kesehatan. Strategi transformasi pembangunan desa menuju desa sejahtera mandiri tidak terlepas dari campur tangan pemerintah desa itu sendiri, terutama visi dari kepala desanya. Kepala desa harus mampu mempersiapkan dalam pembangunan desa secara tepat. Pertama, melaksanakan pemetaan potensi desa dan jaringan pasar yang dapat dikelola untuk menjadi sumber ekonomi desa dan ekonomi masyarakat.

Selain memberikan feedback yang konstruktif dan ulasan kinerja, pantau juga prestasi karyawan. Jika seorang anggota tim melakukan sesuatu yang hebat, jangan lupa untuk mengapresiasi mereka. Rayakan kemenangan tersebut dan sampaikan terima kasih atas kerja kerasnya.

Anda hanya perlu fokus pada kepercayaan tersebut dan kerahkan usaha sebaik mungkin. Gali motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan halangi komentar negatif yang bisa merubuhkan fokus Anda. Dalam melakukan pengembangan diri menjadi seorang pemimpin ada tiga periode yang akan dilalui yakni pertama periode mencari tahu. Kita ingin mempelajari semua yang kita bisa dari orang lain, dan kita sering mencoba meniru gaya mereka. Pada periode ini kita tidak perlu khawatir untuk meniru orang lain. Karena periode ini baru awal dan kita akan menemukan dari waktu ke waktu apa yang cocok untuk kita dan apa yang tidak.

Semangat adalah salah satu bahan bakar kesuksesan seorang pemimpin dan timnya. Semangat tinggi akan menghasilkan hasil yang besar, sebaliknya semangat yang kecil juga akan menghasilkan hasil yang kecil. Pemimpin yang bersemangat akan menjadi dinamisator dan katalisator bagi timnya untuk berjuang sampai titik maksimum.