Strategi Menabung Untuk Masa Depan Cemerlang

Keengganan untuk membuat rencana keuangan rupanya bukan hanya dialami oleh pekerja usia 20-an, bahkan orang berusia tua juga masih minim kesadaran tentang pentingnya membuat rencana keuangan. Mereka lebih suka menghabiskan uang untuk kebutuhan dan senang berutang. Sosialisasi menjadi tahapan yang penting karena berinvestasi di pasar modal belum sepopuler berinvestasi dengan menabung. Menurut Sulistiyanto, keluarga besar Sinar Mas yang jumlahnya sekitar 380 orang merupakan potensi tersendiri.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Ajarkan anak tentang “Rule of 72” atau “Hukum 72”, dimana menurut aturan ini, uang akan bertumbuh menjadi 2 kali lipat dengan laju seventy two dibagi dengan persentase keuntungan. Jadi misalkan, anak mendapatkan 3% keuntungan tiap tahunnya, maka uang akan menjadi 2 kali lipat lebih banyak 24 tahun mendatang . Begitu pula dengan surat utang atau obligasi yang dapat dijelaskan dengan bahasa sederhana, dengan begitu anak akan lebih tertarik dan mengerti. Walaupun topik yang dibicarakan adalah mengenai investasi, tidak ada salahnya untuk berbicara dengan bahasa mereka. Orang tua tidak perlu menjelaskan risiko dan keuntungan dari masing-masing instrumen investasi.

Kuncinya adalah dengan berani memulai dan disiplin terhadap diri sendiri. Pengelolaan keuangan memungkinkan milenial untuk menyusun target-target keuangannya di masa depan agar dapat tercapai sesuai harapan dan pada waktu yang diinginkan. Jadi, Parent Pinters tak perlu khawatir lagi jika memiliki dana pendidikan yang terbatas. Untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan di Pintek, Anda bisa lihat di sini. Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu meminjam uang ke lembaga fintech.

Berhubung Prakerin tidak melulu soal kerja, kerja, dan kerja, ada juga, lho, hal lainnya yang penting untuk kamu lakukan selama pelaksanaan Prakerin. Kamu akan melakukan aktualisasi dan eksplorasi dalam penerapan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki selama bekerja. Kamu sangat diharapkan untuk dapat memberikan opini dan saran terhadap pengembangan metode kerja, prosedur kerja yang ada, method, dan hal lain yang digunakan di perusahaanmu dalam melakukan suatu kegiatan.

Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, memulai investasi pun jadi makin mudah dan bebas ribet. Investasi ini memungkinkan para nasabah untuk menabung dalam jangka waktu tertentu, di mana uangnya tidak bisa dicairkan sebelum waktu yang telah disepakati oleh nasabah dan pihak financial institution. Jatim Newsroom – Badan Usaha Milik Negara, PT Pegadaian meningkatkan komitmennya untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat cerdas berinvestasi melalui Tabungan Emas. Untuk memancing masyarakat, Pegadaian meluncurkan program promo berupa diskon hingga 20% untuk nasabah yang baru memulai investasi. Untuk meningkatkan literasi masyarakat, termasuk generasi milenial BRI terus melakukan edukasi.

Nah, kegiatan Prakerin dalam kurikulum SMK adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk menghilangkan kesenjangan ini. Dengan menggandeng DU/DI sebagai mitra, sekolah bisa memaksimalkan pengembangan kompetensi keahlian siswa SMK dan kesiapan mereka dalam memasuki dunia kerja dan berkarya sesuai bidangnya. Tentunya, tujuan keuangan yang jelas bukan selalu harus memenuhi gaya hidup yang serba mewah, tetapi penuhi kebutuhan yang sangat dibutuhkan untuk masa depan.

Manfaatnya juga tak terbatas usia, beragam keuntungan menabung berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak. Tak hanya menabung, kita juga harus mulai memikirkan investasi di usia muda. Dikarenakan alasan inilah, produk asuransi jiwa menjadi sangat penting. Asuransi jiwa dapat menjadi produk investasi yang memberi jaminan bagi keluarga untuk menikmati hidup tetap layak, meskipun tanpa Anda di samping mereka.

Pada dasarnya, investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang harus disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing keluarga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa nabung reksadana tidak membutuhkan modal yang banyak, sehingga kamu bisa tetap berinvestasi sesuai dengan penghasilan yang kamu miliki. Langkah awalnya adalah kamu perlu tetapkan nominal uang dari penghasilanmu yang ingin diinvestasikan reksadana dan tentukan target investasimu, apakah untuk jangka panjang atau sebaliknya.