Umkm Bertransformasi Selama Pandemi, Pemerintah Dorong Geliatnya Lewat Berbagai Program

Perencana Keuangan, Safir Senduk mengatakan, ada wabah ataupun tidak, kebutuhan tetap jalan terus. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar roda bisnis bisa terus berjalan. Banyak dari masyarakat yang tertarik untuk mempelajari keterampilan baru, agar memiliki keahlian menjadi seorang trainer.

Banyak hal kreatif yang bisa dilakukan selama di rumah saja untuk menghilangkan rasa bosan. Kondisi ini bisa melahirkan usaha kreatif berupa jasa pembuatan video yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan komersial dan non-komersial. dan kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan yang harus dilakukan secara on-line. Dengan membuka bisnis pembuatan website, Anda justru bisa meraup keuntungan tinggi. Sebab, kebutuhan website meningkat tetapi tidak semua dapat membuat website sendiri.

Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan. Peluang bisnis di kampung cukup beraneka ragam dan terus berkembang. Usaha isi ulang galon merupakan salah satu usaha di desa yang menjanjikan karena umumnya desa kaya akan sumber mata air dan memiliki kualitas air tanah yang baik. Selain itu, berbagai alat instalasi untuk usaha depot air minum cukup mudah ditemukan, baik itu melalui daring ataupun datang langsung ke tokonya. Satu-satu cara untuk bisa bertahan adalah menjalankan kegiatan ekonomi.

Peluang tersebut sangat terbuka mengingat aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah atau dikenal sebagai do business from home dijalankan semua orang dalam rangka menghindari infeksi virus corona. Bisnis digital atau bisnis IT menjadi salah satu dari deretan sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona dan dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Dengan kondisi pandemi yang masih membatasi banyak aktivitas masyarakat, pilih bisnis yang paling memungkinkan dijalankan di tengah situasi seperti ini. Apabila Anda sebenarnya masih memiliki pekerjaan tetap dan usaha tersebut hanya sebatasside hustle, buatlah pengaturan waktu yang baik supaya pekerjaan utama Anda tidak sampai terganggu. Setelah meriset bisnis potensial apa saja yang berpeluang meraih pasar di tengah pandemi, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis di tengah pandemi adalah menentukan mana yang kira-kira bisa Anda jalankan.

Pelaku usaha harus memutar otak memikirkan strategi terbaru untuk bisa bertahan di tengah pandemi. Selain itu, sebagai bisnis yang cocok untuk di kampung, jika memungkinkan, anda perlu menyesuaikan waktu pembayarannya sesuai dengan keadaan masyarakat, seperti pembayaran dapat dilakukan ketika telah masuk masa panen. Jualan minuman ini dapat menjadi usaha di desa yang sukses jika di kelola dengan konsisten dan rajin berinovasi, karena tidak bisa dipungkiri jika masyarakat sangat gandrung dengan sesuatu yang baru.

Alasannya, 82% konsumen akan melakukan riset produk atau jasa secara online. Sayangnya, belum banyak pebisnis yang menguasai digital advertising dengan baik. Dikutip dari Forbes, berikut sejumlah peluang bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dan memakai sarana on-line, serta berpotensi menghasilkan uang selama masa pandemi.

Pemerintah sudah mengimbau untuk selalu menggunakan masker di ruang publik. Untuk mengatasi kekurangan masker medis, masyarakat pun dianjurkan untuk menggunakan masker kain. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Persyaratan keempat atau terakhir adalah jika orang tua/wali murid telah menyetujui putra atau putrinya melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Meskipun sekolah telah memenuhi ketiga syarat pembukaan sekolah, orang tua berhak memutuskan anaknya akan ikut belajar tatap muka di sekolah atau tidak.

Baik yang membuat dan memasak sendiri maupun jadi reseller, usaha kuliner saat masa pandemi virus corona sekaligus bulan Ramadan menjadi sesuatu yang menjanjikan. Tetapi, tentu Anda harus menentukan terlebih dahulu produk ataupun layanan apa yang memiliki peluang tinggi untuk ditawarkan saat membuka bisnis online. Bisnis menjual kembali atau reseller dan dropshipper kian laris di masa pandemi Covid-19.

Binsis yang bisa dibuka ketika masa pandemi

Anda dapat menggunakan podcast untuk menarik sponsor komersial atau mengiklankan produk sendiri. Agar bisa menghasilkan uang, pastikan memonetisasi video dengan mengenakan biaya langganan atau konten yang dilindungi sandi hanya untuk pelanggan yang membayar. Monetisasi juga dapat dilakukan dengan memasang iklan yang difasilitasi Youtube. Gunakan frasa atau kata kunci yang sering dicari orang dengan mengetik “cara ” di judul konten. Bisnis kuliner seperti cafe dan restoran yang memberikan layanan makan di tempat (dine-in) merupakan salah satu bisnis yang terkena imbas Covid-19. Riset dari Mckinsey & Company menyebutkan bahwa 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama virus Covid-19 ini berlangsung.

Agar lebih mudah mencari tenaga kerja pembimbing kamu bisa mencarinya dari sekolah-sekolah ternama atau kampus. Lingkaran alumni juga bisa memudahkan kamu untuk mencari tenaga kerja. Setelah itu kompetensi menjadi kunci kamu untuk bisa menyediakan jasa dan produk ajaran yang sesuai dengan standar keilmuan saat ini. Jika berbicara soal SDM, maka umumnya kualitas sangat menjamin kelancaraan bisnis.